SURVEILANS KEDUA KOMITE AKREDITASI NASIONAL (KAN)

POSTED BY ADMIN

SURVEILANS KEDUA KOMITE AKREDITASI NASIONAL (KAN)

TERHADAP PENERAPAN ISO/IEC 17025 : 2017

DI UPT PELAYANAN KESWAN, KESMAVET DAN KLINIK HEWAN

 

UPT Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Klinik Hewan (UPT. PKHMVet) adalah Unit Pelaksana Teknis dari Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki tugas pokok yaitu Penyelidikan, Surveilans dan Pengujian Penyakit Hewan dan Produk Hewan, Penyehatan Hewan dan Jasa Veteriner. UPT. PKHMVet memiliki Motto Melayani Sepenuh “ Hati ” (Handal, Akurat, Tertib dan Inovatif) telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak 7 September 2018. Dengan terakreditasinya UPT. PKHMVet sesuai dengan ISO/IEC 17025 : 2017 maka pelayanan laboratorium telah sesuai prosedur sehingga kualitas pengujian menjadi baik dan sesuai standar.

Kegiatan Surveilans ke - II oleh KAN pada tanggal 31 Maret 2021, dilaksanakan secara jarak jauh (daring) dengan Tim Assesment terdiri dari Rusmadi Eko Priyono, selaku Ketua Tim Asessor dan Dr. drh. Maria Fatima Palupi, selaku Asessor Anggota. Adapun maksud dan tujuan dari surveilans ini adalah menilai kesesuaian penyelenggaraan pengujian di UPT. PKHMVet dengan standar ISO/IEC 17025 : 2017. Dalam pembukaan drh. Banter Wahyudi, selaku Kepala UPT mengkonfirmasi ada 9 parameter pengujian yang masuk ruang lingkup akreditasi yaitu pengujian HA/HI AI, HA/HI ND dan Elisa Hog Cholera di Laboratorium Virologi ; pengujian Pullorum, Mycoplasma dan Rose Bengal Test di Laboratorium Bakteriologi ; pengujian Fluorescent Antibody Test (FAT) di Laboratorium Patologi ; serta pengujian Boraks dan Formalin di Laboratorium Kimia.

Proses assesment yang dilaksanakan dari jam 08.30-17.00 Wib (+/- 8 jam) secara daring dengan memanfaatkan aplikasi pertemuan online dan membagi ruang pertemuan (room) menjadi dua yaitu Room Quality Manajeman System dan Laboratorium Kimia, dengan asessor Rusmadi Eko Priyono didampingi oleh drh. Banter Wahyudi, drh. Maslihah Umami, drh. Noor A Syifa, Arif Hidayatullah, Amd dan drh. Siti Halimah S. Sedangkan Room Biologi yang terdiri dari Laboratorium Virologi, Bakteriologi dan Patologi didampingi oleh drh. Candra Arika K, drh. Huibert H Umboh dan drh. Indah Muslihatin, dengan asessor Dr. drh. Maria Fatima Palupi.

 

Gambar 1. Foto Pembukaan Assesment bersama Tim Asessor.

 

   

Gambar 2. Proses Assesment di Room Biologi serta Room Quality Manajeman System dan Laboratorium Kimia

 

Proses assesment dari awal hingga akhir acara berjalan dengan baik dan lancar. Tim Asessor melakukan cek dan re-cek terhadap dokumen dan rekaman yang telah disampaikan sebelumnya. Selain itu juga terjadi diskusi yang intens mengenai kesesuaian dokumen dan penerapannya dengan ketentuan dalam ISO/IEC 17025 : 2017. Temuan, koreksi dan masukan yang disampaikan oleh Asessor menjadi pembelajaran dan informasi yang berharga agar UPT. PKHMVet semakin baik dalam penerapan ISO/IEC 17025 : 2017.