Mengenal Virus Panleukopenia

POSTED BY ADMIN

Oleh : drh. Rian Winardi

Salah satu penyakit yang paling berbahaya pada kucing adalah virus Panelukopenia. Penyakit ini biasa dikenal dengan nama Panleu atau FPV (Feline panleukopenia virus). Virus ini menyerang saluran pencernaan hingga kelenjar pertahanan tubuh. Virus ini akan merusak system kekebalan dari tubuh kucing. Sehingga secara otomatis  kucing akan terlihat lemas dan menjadi susah makan.

Virus Panleu ini sangat mudah sekali menyerang kucing, terutama kucing yang belum pernah divaksin. Beberapa tanda-tanda yang terlihat adalah hilangnya nafsu makan. Kucing akan kehilangan nafsu makannya dan selalu menolak saat diberikan makanan, termasuk makanan basah. Hal ini akhirnya membuat tubuh kucing terlihat lemas. Tanda berikutnya adalah muntah. Kucing yang terserang virus ini akan terlihat muntah beberapa kali, bahkan puluhan kali dalam sehari. Selain muntah, tanda berikutnya adalah diare hebat. Virus ini merusak saluran pencernaan sehingga kucing yang terinfeksi akan mengalami diare. Dalam sehari, kucing dapat diare beberapa kali, hingga diarenya dapat disertai dengan pendarahan. Jika dibiarkan, kucing akan terlihat lemas dan akan mengalami kekurangan darah.

Jika kucing peliharaan kita menunjukan gejala atau tanda-tanda di atas, segera bawa ke dokter hewan. Kucing yang mengalami diare atau muntah hebat harus segra diberi pertolongan. Karena tubuhnya telah banyak kerurangan cairan. Biasanya dokter akan memberikan cairan infus sebagai penanganan pertama untuk mengembalikan cairan tubuh dan keseimbagan elektrolitnya. Kemudian dokter akan memberikan obat untuk mengurangi gejala yang timbul akibat serangan virus panleu serta diberikan obat untuk menguatkan imunitas atau daya tahan tubuh kucing tersebut.

Untuk pencegahannya, disarankan kucing kesayangan kita diberikan vaksinasi untuk mencegah tidak tertular virus panleu. Selain itu, berikan makanan yang dapat memenuhi nutrisi dan mampu mendukung system kekebalan tubuh dari kucing.