Surveilans Hog Cholera di Kota Singkawang

POSTED BY ADMIN

Data tahun 2019 menunjukan  populasi babi  di Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 470.464 ekor yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota. Populasi babi di Kabupaten Singkawang sebanyak 37.299 dan paling banyak terdapat di Kecamatan Singkawang Selatan yaitu sebanyak 31.271 ekor, sehingga Surveilans HC di Kota Singkawang tahun ini terfokus pada Kecamatan ini dengan target pengambilan sample adalah 80 ekor. Pengambilan sampel tersebut adalah untuk pemeriksaan serologis untuk mengetahui titer antibody terhadap penyakit Hoc Cholera pada babi – babi yang ada di Kalimantan Barat.

Hari pertama kegiatan, untuk pengambilan sample sebanyak 61 sample serum dan 16 darah babi dilakukan door to door ke beberapa peternak ditetapkan pendamping lapangan yaitu drh Rosa (Kepala Puskeswan) dan Okta (Kasubag TU) di Kelurahan Sejangkung dan Kelurahan Sedau. 

Sedangkan untuk hari kedua, pengambilan sample sebanyak 33 sample di PT. Putra Panen Breed Farm pendamping lapangan yaitu drh Rosa (Kepala Puskeswan) dan Okta (Kasubag TU).

Hasil sampel yang diambil sebanyak 110 sampel. Selain pengambilan sampel juga diberikan pelayanan kesehatan hewan berupa pemberian vitamin maupun obat cacing pada babi yang diambil serum darahnya. Selanjutnya sampel tersebut diuji untuk mengetahui adanya penyakit Hog Cholera dengan metode ELISA di UPT Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Klinik Hewan  Provinsi Kalimantan Barat.