Uji Kualitas Produk Peternakan di Kota Singkawang

POSTED BY ADMIN

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui kualitas produk hewan terhadap cemaran bahan kimia, residu obat dan mikroorganisme pada produk pangan asal hewan di Kota Singkawang. Berdasarkan hasil pengujian contoh asal Kota Singkawang tahun 2020 masih ditemukan adanya cemaran TPC sebesar 63%, Salmonella sp. 46%, Residu antibiotika 2,9%, E. coli 61%, coliform 50%, Staphylococcus aureus 7,7%.

Sebelum pelaksanaan surveilans dilakukan koordinasi dengan Kepala Bidang Peternakan Kota Singkawang Ibu drh. Wahyu Wityarini dan tim diterima oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Kota Singkawang Bapak Sumadi, S.Pt, dan didampingi oleh Bapak Ibnu Munir, S.Pt selaku Petugas Pengawas Kesmavet Kota Singkawang. Koordinasi dilakukan untuk menentukan lokasi pengambilan contoh serta membicarakan hal-hal penting lainnya yang berhubungan dengan kegiatan pengambilan contoh.

Dari hasil pelaksanaan pengambilan contoh di Kota Singkawang diambil sebanyak 41 (empat puluh satu) contoh yaitu : 14 (empat belas) daging ayam, 11 (sebelas) daging sapi, 7 (tujuh) daging babi, 5 (lima) telur, 4 (empat) contoh produk hewan olahan yang terdiri dari 2 (dua) bakso, 1 (satu) daging giling dan 1 (satu) kikil sapi.